PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII.D SMP NEGERI 4 NEGARA TAH

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Siswa Kelas VII.D SMP Negeri 4 Negara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru, dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan, (3) observasi/ evaluasi,(4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII.D SMP Negeri 4 Negara yang berjumlah siswa (17 putra dan 15 putri). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil siklus I yaitu, skor rata-rata klasikal aktivitas belajar sebesar 6,9 (cukup aktif), mengalami peningkatan sebesar 1,1 pada siklus II menjadi 8 (aktif). Rata- rata skor aktivitas siklus I dan II sebesar 7,4 (aktif). Ketuntasan belajar klasikal siklus I 90,3%, siklus II 100%, mengalami peningkatan 9,7%. Rata-rata skor hasil belajar siklus I dan II sebesar 81,65% (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII.D SMP Negeri 4 Negara tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan di atas, menyarankan kepada guru Penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket.
kata kunci :Model pembelajaran kooperatif NHT, aktivitas, dan hasil belajar, passing bola basket.