IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar control (kaki bagian dalam dan bagian luar) permainan sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD No. 2 Dauh Peken yang berjumlah 25 orang. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Dari analisis aktivitas belajar teknik dasar kontrol (kaki bagian dalam dan bagian luar) pada Sepak Bola terjadi peningkatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD No. 2 Dauh Peken Tabanan semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Ini dapat dilihat pada siklus I aktivitas belajar teknik dasar pasing kaki bagian dalam berada pada kategori aktif yaitu 7,25. Pada siklus II aktivitas belajar teknik dasar control kaki bagian dalam berada pada kategori aktif yaitu 7,66. Analisis hasil belajar pada siklus I hasil ketuntasan belajar teknik dasar passing-control kaki bagian dalam secara klasikal adalah 55,00% dengan kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar teknik dasar control kaki bagian dalam secara klasikal adalah 95% berada pada kategori sangat baik, ketuntasan belajar teknik dasar pasing-control kaki bagian dalam mencapai 95% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar control pada permainan sepak bola dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menerapkan metode kooperatif dalam pelaksanaan pembelajaran.
kata kunci :model pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar.