PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASARPASSING CONTROL SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS X I SMA NEGERI 2 MENDOYO TAHUN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang (13 putra dan 17 putri) siswa kelas X I SMA Negeri 2 Mendoyo, data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I 6,8 (cukup aktif) dan pada siklus II 7,8 (aktif). Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebanyak 66,6% dan pada siklus II menjadi 100% (baik) Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X I SMA Negeri 2 Mendoyo tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control sepakbola pada siswa.
kata kunci :pembelajaran kooperatif tipe NHT, sepakbola