IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII B6 SMP NEGERI 4 SINGA
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik
passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT
pada siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 4 tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK),di
mana jumlah siklus yang dilakukan adalah sebanyak 2 siklus.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja,
yang berjumlah 28 orang terdiri dari 19 orang putra dan 9 orang putri. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas belajar passing
bola basket secara klasikal pada observasi awal 5,85 (cukup aktif), meningkat pada
siklus I menjadi 7,0 (aktif), dan meningkat pada siklus II menjadi 8,87 (aktif).
Sedangkan hasil belajar secara klasikal pada observasi awal 2,04 (cukup), meningkat
pada siklus I menjadi 2,41 (cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 3,47
(baik).
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui
implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B6
SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan kepada guru
penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT
karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola
basket siswa.
kata kunci :Kooperatif NHT, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket