IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII B6 SMP NEGERI 4 SINGA

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 4 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK),di mana jumlah siklus yang dilakukan adalah sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja, yang berjumlah 28 orang terdiri dari 19 orang putra dan 9 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas belajar passing bola basket secara klasikal pada observasi awal 5,85 (cukup aktif), meningkat pada siklus I menjadi 7,0 (aktif), dan meningkat pada siklus II menjadi 8,87 (aktif). Sedangkan hasil belajar secara klasikal pada observasi awal 2,04 (cukup), meningkat pada siklus I menjadi 2,41 (cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 3,47 (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket siswa.
kata kunci :Kooperatif NHT, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket