PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA BATANG CUISINAIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEMESTER I SD NO. 6 SELAT TAHUN AJARAN 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
matematika siswa kelas III SD No. 6 Selat terhadap Penerapan Metode
Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire pada mata pelajaran
Matematika Kelas III semester I SD No. 6 Selat
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD No. 6 Selat tahun ajaran
2014/2015 sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 orang putra dan 11 orang putri.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
menggunakan metode Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Batang
Cuisenaire. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan evaluasi, dan refleksi data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan
dengan metode tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif.
Kesimpulan dari analisis data adalah dengan Penerapan Metode
Demontrasi dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas III SD No. 6 Selat. Rata-rata hasil belajar pada siklus I
mencapai 66 dan pada siklus II mencapai 76, mengalami peningkatan sebesar 10
poin, ketuntasan belajar sebelum tahap penelitian sebesar 52% meningkat setelah
penerapan siklus I menjadi 85% ini berarti mengalami peningkatan sebesar 33%,
dari siklus I ke siklus II ketuntasan belajar mencapai 100% ini berarti mengalami
peningkatan 15%.
kata kunci :Metode Demonstrasi, Batang Cuisenaire, hasil belajar.