PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PEMANFAATAN MEDIA BATANG CUISINAIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEMESTER I SD NO. 6 SELAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III SD No. 6 Selat terhadap Penerapan Metode Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire pada mata pelajaran Matematika Kelas III semester I SD No. 6 Selat Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD No. 6 Selat tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 orang putra dan 11 orang putri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus menggunakan metode Demonstrasi dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari analisis data adalah dengan Penerapan Metode Demontrasi dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD No. 6 Selat. Rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 66 dan pada siklus II mencapai 76, mengalami peningkatan sebesar 10 poin, ketuntasan belajar sebelum tahap penelitian sebesar 52% meningkat setelah penerapan siklus I menjadi 85% ini berarti mengalami peningkatan sebesar 33%, dari siklus I ke siklus II ketuntasan belajar mencapai 100% ini berarti mengalami peningkatan 15%.
kata kunci :Metode Demonstrasi, Batang Cuisenaire, hasil belajar.