IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP LAB U

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (passing bola voli passing atas dan passing bawah) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII-1 SMP LAB UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa, 18 laki-laki dan 13 perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis data secara klasikal pada siklus I, tingkat aktivitas 7,6 (aktif) dan hasil belajar passing atas bola voli 84,8%. (baik). Siklus II secara klasikal tingkat aktivitas 8,6 (aktif) dan hasil belajar passing bawah bola voli 93,5% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 1,0% dan hasil belajar 12,9% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli (passing atas dan passing bawah) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII-1 SMP LAB UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena tipe ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli.
kata kunci :Kooperatif, aktivitas, hasil belajar, bola voli