IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing (chest pass dan bounce pass) bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah 40 orang siswa dengan rincian 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus I rata-rata aktivitas belajar sebesar 7,31 dengan kategori aktif dan 8,51 dengan kategori aktif pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I pada aspek pengetahuan sebesar 62,5% dengan kategori tidak tuntas, pada aspek sikap sebesar 60% dengan kategori tidak tuntas, pada aspek keterampilan sebesar 70% tuntas sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus II pada aspek pengetahuan sebesar 100% dengan kategori tuntas, pada aspek sikap sebesar 100% dengan kategori tuntas, pada aspek keterampilan sebesar 100% dengan kategori tuntas.. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa X MIA 4 SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran teknik passing bola basket.
kata kunci :Kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, bola basket.