IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Teknik Dasar passing control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti, dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas VII A SMP Negeri 1Banjar, terdiri dari 15 orang putra dan 23 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data rata-rata aktivitas belajar pada observasi awal 5,18 dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus I meningkat menjadi 7,09 dengan kategori aktif,dan pada siklus II 8,51 dengan kategori aktif. Ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan pada observasi awal sebesar 28,94%, siklus I 73,68%, dan siklus II 100%, pada aspek keterampilan pada observasi awal sebesar 26,31%, siklus I 76,31%, dan siklus II 100%, pada aspek sikap pada observasi awal sebesar 50%, siklus I 76,23%, dan siklus II 97,36%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control (menggunakan kaki bagian dalam) sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banjar tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan kepada guru PJOK untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sepakbola.
kata kunci :Kooperatif NHT, aktivitas, hasil belajar, sepakbola