IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IX E SMP NEGER

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Seririt, berjumlah 28 orang siswa dengan rincian 13 siswa putra dan 15 siswa putri yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data, pada siklus I rata-rata aktivitas belajar secara klasikal sebesar 7,63 (aktif) dan 9,1 (sangat aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 64,29% (tidak tuntas) dan 100% (tuntas) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola pada siswa.
kata kunci :kooperatif, STAD, aktivitas, hasil belajar, sepak bola.