IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII A

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah 26 orang jenis guru sebagai peneliti dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar passing control Sepak Bola secara klasikal sebesar 7,8 (aktif) pada siklus I dan meningkat sebesar 1,7 menjadi 9,5 (sangat aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar passing control Sepak Bola pada siklus I persentasenya sebesar 69.3% dan meningkat sebesar 30.7% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control(kaki bagiandalam)sepak bola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbuktidapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing control kaki bagiandalam sepak bola padasiswa
kata kunci :Kooperatif, aktivitas belajar, hasil belajar,sepak bola, STAD