PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS III KECAMATAN ABANG, KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PEJARAN 2014/2015.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran learning cycle “5e” di SD Negeri 3 Purwakerti dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SD Negeri 1 Culik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus III Kecamatan Abang Tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 197 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 3 Purwakerti yang berjumlah 33 orang dan siswa kelas V SD No. 1 Culik yang berjumlah 30 orang. Data hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelompok kontrol dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran konvensional menunjukkan skor cenderung sedang, dengan mean 15,23 dan hasil belajar pada siswa kelompok eksperimen dalam pembelajaran IPA dengan model learning cycle “5e” menunjukkan skor cenderung tinggi, dengan mean 21,42. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan analisis uji-t ditemukan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan model learning cycle “5e” dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diketahui bahwa thitung > ttabel (thitung = 8,00 > ttabel = 1,671 ). Dari perbedaan rata-rata hasil belajar menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle “5e” berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Semester Ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di SD Gugus III Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.
kata kunci :model learning cycle “5e”, hasil belajar