PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SD GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA KA
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada
siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil di Gugus VII
Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 148 orang.
Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas V SD No 4 Selat yang berjumlah 35 orang
sebagai kelas experimen dan siswa kelas V SD No 3 Selat yang berjumlah 35
orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan
metode tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t).
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,60 dan ttabel (pada taraf
signifikansi 5%) = 1,980. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel sehingga dapat
diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan
antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model
konvensional.
Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar PKn kelompok
eksperimen adalah 21,40 lebih besar daripada rata-rata hasil belajar PKn
kelompok kontrol adalah 14,14 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar PKn
siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2014/2015.
kata kunci :STAD, hasil belajar PKn